3 Aturan Pasar Saham Yang Akan Membuat Anda Mandiri Secara Finansial

Jika Anda ingin sukses di permainan apa pun, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari aturannya. Setelah Anda tahu aturannya, Anda bisa menjadi ahli dengan berlatih dan belajar lebih banyak tentang permainan tersebut. Ini juga berlaku untuk berinvestasi di Pasar Saham.

Jika Anda ingin sukses dalam berinvestasi, Anda perlu tahu aturan pasar saham! Jika Anda bermain sesuai aturan, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan mendapatkan kejutan buruk di ujung jalan.

Jadi, tanpa basa-basi lagi. Mari belajar aturan pasar saham!

1 – Diversifikasi Portofolio dan Alokasi Aset akan melindungi modal Anda

Diversifikasi portofolio adalah istilah umum untuk “Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang”. Ini sesuai dengan akal sehat, akan tetapi kita adalah makhluk emosional yang percaya pada fatamorgana, inilah yang kadang-kadang ketika kita menemukan suatu saham atau sektor yang terlihat luar biasa maka kita akan menjadi rawan untuk menaruh semua uang kita di saham atau sektor itu.

Hanya ada 2 hasil dari pendekatan ini:

Hasil pertama, Anda beruntung dan saham / sektor tersebut memang benar menghasilkan profit yang besar dan Anda menghasilkan banyak uang dari itu. Namun masalahnya adalah merupakan sifat manusia bahwa setelah mendapatkan keuntungan besar, kita menjadi terpacu untuk meraih keuntungan besar berikutnya, dan saat itulah kita akan kehilangan uang.

Hasil yang kedua, saham / sektor tersebut memang fatamorgana dan sekarang portofolio Anda telah kehilangan nilainya 50%! Anda sekarang berada dalam krisis emosional yang akan menyebabkan Anda membuat lebih banyak kesalahan …

Jadi, jangan biarkan all-in untuk saham apa pun, alokasikan maksimal 10% dari portofolio Anda pada stok apa pun! Sekali lagi, saya tidak peduli seberapa hebat penampilan sebuah saham, jangan bertaruh!

2 – Menyimpan uang dan berinvestasi akan membuat Anda mandiri secara finansial.

Aturan ini mudah dilupakan oleh kebanyakan investor, meskipun berinvestasi di pasar saham memang cara terbaik untuk menumbuhkan uang Anda, Anda tidak dapat menumbuhkan uang jika Anda tidak punya! Inilah sebabnya mengapa membiasakan menabung setiap bulan dan menginvestasikannya di pasar saham akan membuat Anda mandiri secara finansial. Mulailah dengan menabung 500 ribu setiap bulan dan bekerja dengan cara Anda sampai Anda dapat menghemat setidaknya 20% dari pendapatan bulanan Anda. Hal itu memang akan memakan waktu namun jangan berkecil hati. Ingat, hadiahnya akan luar biasa!

Compound Interest alias “Efek Bola Salju” adalah apa yang terjadi ketika Anda menginvestasikan kembali uang yang anda peroleh di pasar saham. Jika Anda mulai dengan 1 juta, maka ketika anda menghasilkan 10%, maka total nilai saham anda 1.100.000. Lalu jika anda investasikan lagi dan menghasilkan lagi 10%, maka Anda sekarang memiliki total 1.210.000. Jika Anda terus melakukan ini selama beberapa tahun, dengan menambahkan lebih banyak uang ke bola salju, Anda akan memiliki banyak uang dalam jangka panjang. Seberapa banyak Anda mungkin bertanya? Nah, Anda dapat mengubah 1000 menjadi 5.000.000 dengan kekuatan saham dividen.

3 – Pasar Saham akan mengalami crash / koreksi sendiri, atasi itu.

Saya mengerti, Anda tidak ingin kehilangan uang dan hanya memikirkan kemungkinan kehancuran pasar saham yang sangat menakutkan! Saya benar-benar mengerti Anda, tapi coba tebak? Market crash dan koreksi Pasar Saham pasti akan terjadi! Itu normal, juga diharapkan dan bagian dari permainan

Crash atau koreksi pasar saham adalah peluang terbaik bagi investor yang cerdas. Ketika irasionalitas dan ketakutan berkuasa di pasar saham, investor cerdas (seperti Anda dan saya) akan memahami hal-hal berikut:

A) Gangguan Pasar Saham tidak bertahan selamanya, yang berarti, Anda tidak akan menjual saham Anda dengan kerugian dan mereka akan pulih.

B) Jika memungkinkan, Anda akan membeli lebih banyak stok! Mengapa? Nah, karena ketika saham favorit Anda sedang dihantam oleh crash pasar saham, kemungkinan besar sekarang berada pada “harga diskon” dan akhirnya pasar akan menyadari itu dan harganya akan naik. Jadi, Anda bisa mendapat saham murah! Hampir seperti menemukan BMW baru dengan harga 50%!

Dan tolong, jangan pernah mencoba mengatur waktu pasar! Anda mungkin berpikir bahwa Anda super pintar dengan duduk menunggu kejatuhan pasar untuk mulai berinvestasi. Dengan melakukan itu, Anda kehilangan “Snowball Machine” dan Anda secara efektif mengurangi ukuran potensial dari tabungan pensiun Anda. Saya telah mendengar bahwa kehancuran pasar saham akan terjadi setidaknya sejak 5 tahun yang lalu … Saya mengerti! Musim dingin akan datang! Tapi saya akan tetap menikmati tahun-tahun musim panas ini dan Anda juga harus!