Bagaimana Cara Berinvestasi di Reksa Dana?

Bagaimana Cara Berinvestasi di Reksa DanaJika Anda mencari cara yang mudah dan berisiko rendah untuk menginvestasikan uang, satu hal yang mungkin Anda tertarik untuk pelajari lebih lanjut adalah reksa dana. Hari ini kita akan berbicara tentang apa itu reksa dana, bagaimana reksa dana bekerja, bagaimana cara berinvestasi di Reksa Dana dan bagaimana risiko yang terkait dengan strategi investasi ini.

Apa itu Reksa Dana? Bagaimana Reksa Dana Bekerja?

Reksadana adalah kumpulan dari beragam instrumen investasi yang dapat Anda investasikan. Ini adalah pilihan populer bagi banyak investor karena reksa dana umumnya dianggap sebagai cara berinvestasi dengan resiko yang rendah. Dengan reksa dana, perusahaan yang bertindak sebagai manajer investasi akan menginvestasikan dana investor ke dalam sejumlah saham, obligasi, aset, dan peluang investasi jangka pendek lainnya.

Kepemilikan gabungan yang dimiliki oleh reksa dana disebut sebagai portofolio. Ketika Anda menjadi pemegang reksa dana saham, Anda sebenarnya menjadi pemegang saham dari seluruh perusahaan. Setiap saham yang Anda miliki adalah representasi dari berapa banyak saham yang Anda miliki dalam kumpulan investasi perusahaan. Ketika perusahaan menghasilkan laba, Anda akan mendapatkan dividen berdasarkan investasi saham Anda. Namun, ingatlah jika perusahaan mengalami kerugian Anda juga akan melihat nilai saham Anda menurun.

Apa Manfaat Reksa Dana?

Ada banyak alasan mengapa investor tertarik pada reksa dana. Keuntungan terbesar berinvestasi dalam reksa dana adalah bahwa semuanya sebagian besar dikelola oleh manajer investasi. Anda hanya memiliki sedikit keterlibatan mengenai investasi mana yang dilakukan dan bagaimana pengelolaan investasi ini. Manajer investasi ini bekerja atas nama Anda, menjadikannya pekerjaan penuh waktu mereka untuk memilih investasi yang paling bijaksana.

Ini adalah ide yang sangat bagus jika Anda adalah seseorang yang sangat sibuk atau lebih suka membiarkan seseorang yang lebih berpengalaman untuk membuat keputusan yang terbaik. Diperlukan banyak latihan dan pengalaman serta waktu untuk dapat memilih investasi terbaik.

Misalnya, jika Anda membeli saham, Anda mungkin harus menghabiskan banyak waktu untuk meneliti pola candle atau chart untuk menentukan apakah itu adalah saham yang ingin Anda beli. Tentu saja, bahkan setelah itu, Anda harus terus memantau kinerja saham tersebut untuk memastikan Anda menghasilkan uang.

Untuk alasan ini, bagi banyak investor, reksa dana menarik karena tidak memerlukan banyak waktu, penelitian, atau pengalaman. Dengan mempercayai uang Anda dengan perusahaan reksa dana, Anda akan dapat menghabiskan lebih banyak waktu menikmati pendapatan dividen Anda dan lebih sedikit waktu untuk mengkhawatirkan apakah Anda berada dalam investasi berisiko tinggi atau tidak.

Memahami Berbagai Jenis Reksa Dana

Ada beberapa jenis reksa dana yang sebaiknya Anda teliti lebih lanjut ketika Anda memilih untuk berinvestasi. Memahami berbagai jenis reksa dana sangat membantu untuk membantu Anda membuat pilihan terbaik dalam strategi investasi Anda. Jika Anda duduk bersama seorang pialang, akan lebih baik jika Anda mengenal istilah-istilah ini karena mereka membahas berbagai opsi dan peluang dengan Anda.

Reksa dana saham: Reksa dana jenis ini hanya melibatkan investasi saham biasa. Saham memiliki potensi terbesar untuk menghasilkan banyak laba, tetapi juga sangat berisiko, karena pasar saham bisa sangat tidak dapat diprediksi! Untuk itulah diperlukan analisa yang mendalam ketika memilih saham untuk investasi jangka panjang.

Reksa dana pendapatan tetap: Jenis reksa dana ini termasuk obligasi (surat hutang) perusahaan dan pemerintah serta investasi serupa lainnya. Karena jenis reksa dana ini umumnya berinvestasi dalam obligasi dengan tingkat bunga tetap di mana pengembalian yang diharapkan stabil, reksa dana ini menawarkan pengembalian dengan risiko rendah.

Reksa dana campuran: Ini adalah reksa dan kombinasi antara obligasi dan saham dengan risiko yang rendah. Namun, penting untuk dicatat bahwa investasi ini tidak selalu merupakan pilihan terbaik, karena menyangkut pasar yang tidak dapat diprediksi dan dapat menghilangkan stabilitas investasi dengan suku bunga tetap.

Dalam menentukan mana reksa dana yang tepat untuk Anda, penting untuk meneliti berbagai perusahaan reksa dana sebanyak mungkin. Sebaiknya tinjau informasi sebanyak mungkin sebelum Anda memutuskan untuk membeli reksa dana.

Bagaimana Cara Berinvestasi di Reksa Dana

Untuk mulai berinvestasi di reksa dana anda dapat mengunjungi marketplace reksa dana. Saat ini terdapat 2 marketplace besar reksadana di Indonesia yaitu IndoPremier dan Bareksa dimana anda dapat memilih, menyeleksi dan membeli reksadana. Yang pertama kali harus anda lakukan adalah membuat akun di marketplace tersebut. Kemudian pilih reksadana yang anda inginkan dan lakukan transfer sesuai petunjuk yang tertera di layar. Selamat berinvestasi!