Peralatan dan Software untuk Day Trader Pemula

Peralatan dan Software untuk Day Trader PemulaSeperti halnya memulai karir apa pun, ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan ketika Anda seorang trader harian pemula. Berikut adalah beberapa tips untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar saat Anda mulai sebagai seorang trader. Kiat-kiat ini akan membuat Anda mempersiapkan hardware dan software yang tepat, membantu Anda memutuskan apa yang akan ditradingkan dan kapan harus trading, menunjukkan kepada Anda berapa banyak modal yang Anda butuhkan, cara mengelola risiko, dan cara mempraktikkan strategi trading secara efektif.

Memilih Pasar Perdagangan Harian

Sebagai trader pemula, Anda mungkin sudah memiliki tujuan pasar apa yang ingin Anda perdagangkan. Di pasar saham yang diperdagangkan adalah saham perusahaan, seperti Unilever (UNVR) dan Bank BCA (BBCA) dan sebagainya. Di pasar valas / forex, Anda memperdagangkan mata uang, seperti euro dan dolar AS (EUR / USD). Di pasar future ada berbagai macam instrumen yang dapat diperdagangkan seperti komoditas minyak mentah, emas atau pergerakan index S&P 500.

Satu jenis pasar tidak lebih baik dari yang lain. Itu tergantung pada apa yang ingin Anda perdagangkan, dan apa yang Anda kuasai. Pasar saham membutuhkan modal paling sedikit untuk perdagangan harian. Anda dapat memulai dengan modal hanya Rp.100.000, meskipun sangat disarankan untuk memulai dengan modal yang lebih banyak.

Semua pasar menawarkan potensi keuntungan yang luar biasa. Hal ini juga sejalan dengan seberapa banyak modal yang Anda miliki untuk memulai. Pilih satu pasar, lalu mulai fokuskan diri Anda untuk mempelajari seluk beluk pasar itu, dan jangan buang waktu Anda dengan mempelajari pasar lain yang mungkin tidak membantu di pasar yang Anda pilih.

Jangan mencoba menguasai semua pasar sekaligus. Ini akan membuat Anda tidak fokus sehingga menghambat anda dalam menghasilkan profit. Setelah Anda belajar menghasilkan uang di satu pasar, maka akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan mempelajari pasar lain. Jadi, bersabarlah. Anda tidak perlu mempelajari semua pasar sekaligus. Anda dapat mempelajari pasar lain nanti jika Anda inginkan.

Peralatan dan Software untuk Day Trader Pemula

Komputer atau laptop: Memiliki dua monitor akan lebih baik, tetapi tidak terlalu urgent. Komputer harus memiliki memori yang cukup dan prosesor yang cukup cepat sehingga ketika Anda menjalankan software trading Anda tidak ada lagging atau crash. Anda tidak perlu komputer gaming yang mahal, tetapi jangan juga komputer yang terlalu murah. Software dan hardware terus berkembang, jadi pastikan komputer Anda mengikuti perkembangan zaman. Komputer yang lambat bisa berakibat fatal ketika anda sedang melakukan trading harian atau scalping, terutama jika komputer macet, hang atau ngelag saat Anda sedang dalam perdagangan yang menyebabkan Anda terlambat membeli atau menjual suatu saham.

Koneksi internet yang andal dan relatif cepat: Day trader harus menggunakan setidaknya koneksi internet jenis Cable atau ADSL. Kecepatan dapat bervariasi di semua jenis layanan ini, jadi usahakan setidaknya untuk paket internet kelas menengah. Mulailah dengan paket internet kelas menengah, dan cobalah. Anda selalu dapat menyesuaikan kecepatan internet Anda nanti jika diperlukan. Jika internet Anda sering turun, itu masalah. Lihat apakah ada penyedia internet yang lebih andal. Trader harian tidak dianjurkan menggunakan koneksi internet yang lambat.

Platform trading yang sesuai dengan pasar dan gaya trading Anda: Ketika Anda baru memulai, menemukan platform yang sempurna bukanlah tujuan Anda. Unduh beberapa platform trading dan cobalah. Karena Anda seorang pemula, Anda belum memiliki gaya trading yang berkembang dengan baik. Oleh karena itu, platform trading Anda kadang-kadang dapat berubah sepanjang karier Anda, atau Anda dapat mengubah pengaturannya untuk mengakomodasi kemajuan trading Anda. Ada banyak platform trading saham yang disediakan oleh masing-masing broker atau sekuritas tempat anda membuat akun saham. Cobalah beberapa yang ditawarkan broker Anda dan lihat mana yang paling Anda sukai. Usahakan pilih dan gunakan platform trading versi komputer / laptop daripada versi mobile / hp karena fitur dan kecepatan eksekusi pada platform pc / laptop biasanya lebih cepat.

Broker / Sekuritas: Broker Anda memfasilitasi perdagangan Anda, dan untuk itu akan ada fee dalam setiap pembelian maupun penjualan saham yang harus anda bayarkan. Trader harian ingin fokus pada broker berbiaya rendah karena biaya komisi yang tinggi dapat merusak profitabilitas strategi perdagangan harian. Namun banyak juga yang mengatakan, broker dengan fee terendah tidak selalu yang terbaik. Anda ingin broker yang selalu siap membantu jika Anda memiliki masalah.

Fee yang lebih mahal cukup layak jika broker itu selalu dapat membantu menyelamatkan jutaan rupiah uang anda ketika Anda memiliki problem pada trading platformnya sehingga tidak bisa keluar dari perdagangan Anda. Bank-bank besar yang menawarkan akun perdagangan saham, biasanya bukan pilihan terbaik untuk trader harian. Fee jual dan beli biasanya lebih tinggi di bank-bank besar, dan broker yang lebih kecil biasanya akan menawarkan biaya dan struktur komisi yang lebih dapat disesuaikan untuk trader harian.