Tips Membaca Analisa Fundamental Saham Perusahaan

Apabila anda ingin mencari informasi terkait analisa fundamental saham maka anda bisa simak pembahasan ini sampai selesai. Analisa fundamental adalah sebuah teknik analisa yang biasanya digunakan para investor yang menanamkan saham untuk membantu memutuskan apakah akan menjual atau membeli saham sebuah perusahaan. Tentunya dengan adanya analisis ini membuat anda tepat dalam mengambil keputusan dan tidak asal-asalan.

Adanya analisis fundamental ini dimanfaatkan untuk mengetahui potensi suatu emiten saham. Kalau berbicara tentang strategi investasi, analisis fundamental ini keberadaannya memang sangat penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui prospek emiten ke depan akan mahal atau murah, emiten jelek atau bagus dan pastinya anda sebagai investor bisa lebih mudah untuk mengetahui harga saham yang wajar.

Tips Membaca Analisa Fundamental Saham dengan Tepat

Pada kenyataannya banyak yang menggunakan strategi ini namun hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan. Sebenarnya sumber permasalahan ini bukan terletak pada teknik analisanya melainkan cara investor membaca analisanya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips yang bisa anda perhatikan untuk membaca serta menggunakan analisa fundamental saham. Penasaran? Silahkan simak pembahasan berikut ini:

  1. Penetapan time frame

Perlu anda ketahui kalau pasar modal untuk jangka pendek adalah bagaikan mesin voting, sedangkan untuk jangka panjang bagaikan timbangan. Jadi ketika anda menggunakan analisa fundamental pada jangka pendek maka hasilnya akan minor dibandingkan sentimen atau emosi pasar yang memiliki pengaruh sangat besar.

Nah, untuk mengatasi hal ini maka anda sebagai investor terlebih dulu harus menetapkan time frame. Analisis fundamental ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan investasi dalam jangka panjang.

  1. Perhatikan PER murah

Dalam analisi fundamental, PER (Price Earning Ratio) merupakan rasio yang digunakan untuk menentukan harga sebuah saham itu akan mahal atau murah. Namun banyak sekali para investor pemula yang masih belum paham dan tidak menggunakan PER ini sebagai landasan saat membeli saham. Standar umum yang biasa digunakan untuk menilai bahwa suatu emiten saham itu nilainya murah adalah apabila nilai PER < 10.

Perlu anda perhatikan bahwa PER ini memang digunakan untuk melihat saham perusahaan tersebut mahal atau murah, namun tidak bisa digunakan untuk melihat kualitasnya. Memang sebagai investor pemula anda tidak salah membeli saham dengan PER murah, tetapi anda juga harus tahu kualitas perusahaannya.

  1. Melihat kondisi dan situasi sektor

Langkah selanjutnya yang perlu anda perhatikan saat membaca analisa fundamental yaitu anda juga harus memperhatikan kondisi sektornya secara global. Mengapa demikian? Karena meskipun sebuah perusahaan mencatat kenaikan laba, namun nilai sahamnya bisa saja turun. Biasanya hal ini bisa terjadi karena ada penurunan harga pada sektor yang dijual perusahaan seperti komoditas emas, minyak, nikel, gas dan sebagainya.

  1. Memanfaatkan asumsi proyeksi moderat

Semua orang bahkan yang paling pintar diantara semua orang pasti tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Sama halnya dengan analisis fundamental, anda akan menebak masa depan suatu perusahaan namun diperkuat dengan adanya data-data yang akurat.

Ketika anda sedang membaca analisa fundamental maka anda akan menggunakan berbagai asumsi seperti asumsi resiko, pertumbuhan dan adanya inflasi. Disarankan jangan menggunakan asumsi pertumbuhan yang angkanya tinggi. Lebih baik anda menggunakan asumsi moderat.

  1. Melihat model bisnis emiten

Setiap emiten walau dalam sektor yang sama ternyata memiliki keunikannya masing-masing. Jadi setiap investor ketika membaca analisis fundamental maka silahkan perhatikan dulu model bisnis emiten perusahaannya. Tentunya ini akan membuat anda semakin tepat dalam mengambil keputusan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips yang bisa anda coba untuk membaca analisa fundamental saham. Semoga dengan adanya penjelasan ini anda akan lebih mudah dalam menentukan dan memutuskan terkait saham yang akan anda beli.