Cara Membaca Analisa Teknikal Pada Perdagangan Saham

Seiring perkembangan zaman kini sudah banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membaca analisa teknikal pada sebuah perdagangan saham. Sebagai investor anda bisa menerapkan berbagai strategi untuk melakukan investasi. Salah satunya saat anda memilih untuk terjun sebagai trader pada perdagangan saham jangka pendek maka anda perlu menerapkan analisa teknikal saham. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda mengetahui tingkat keuntungan atau kerugian yang bisa anda dapatkan.

Sebenarnya analisis teknikal ini konsepnya sederhana namun penerapannya cukup sulit. Terkadang anda akan melihat grafik yang arahnya ke bawah maka itu bisa diartikan kalau pergerakan harga sahamnya diprediksi akan mengalami penurunan dan kemungkinan besar akan turun lagi alias downtrend.

Cara Membaca Analisa Teknikal Perdagangan Saham

Sebenarnya konsep analisis teknikal ini cukup sederhana, anda hanya melihat ke mana kecenderungan arah grafiknya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara untuk membaca analisa teknikal saham pada sebuah perdagangan saham. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

  1. Melihat trend yang ada di Chart

Langkah pertama yang perlu anda ketahui sebagai seorang trader maka anda perlu membuka chart. Nah, dengan membuka Chart maka anda bisa melihat trend harga suatu emiten saham saat ini arahnya kemana. Dengan melihat Chart anda bisa melihat trend pada jangka pendek, menengah dan panjang.

Ketika anda sudah mempelajari semua trend saat ini maka anda bisa dengan mudah menentukan trend mana yang cocok untuk anda ikuti. Sebenarnya anda bisa memilih trend mana saja sesuai pilihan anda. Untuk melihat chart gratis anda dapat mengakses https://finance.yahoo.com/ lalu ketikkan kode sahamnya pada kotak pencarian, kemudian pilih chart.

Setelah itu anda bisa memilih strategi yang terbaik untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa mengambil posisi yang searah dengan laju trend, tentunya sebisa mungkin pilihlah saham yang chartnya baru saja mengalami pembalikan arah dari downtrend menuju uptrend.

  1. Menentukan level support dan resistance

Cara membaca analisis teknikal bisa juga dilakukan dengan menentukan level support dan resistance. Dalam hal ini anda bisa mencari peluang sell di daerah resistance dan peluang buy di daerah support. Jadi anda sebagai trader bisa mendapatkan posisi buy di daerah Support ketika trend sedang naik. Selain itu ada yang memanfaatkan level support dan resistance ini untuk peringatan saja.

  1. Menggunakan Moving Average (MA)

Ada beberapa indikator yang bisa anda manfaatkan untuk mengenal trend yaitu salah satunya dengan menggunakan indikator Moving Average. Namun terkadang para trader juga mengalami kesulitan saat menggambar garis trendline. Nah, dengan adanya pergerakan MA ini bisa membantu anda untuk mengidentifikasi trend yang sedang terjadi.

Ketika anda melihat Moving Average sedang bergerak ke bawah seiring harganya yang turun ke bawah maka bisa dikatakan kalau trend saham ini sedang mengalami downtrend. Selain itu MA juga bisa berperan sebagai area support dan resistance. Moving Average yang biasanya digunakan adalah MA20, MA50, MA100 dan MA200.

  1. Menentukan target profit dan stop loss

Selanjutnya anda bisa melakukan target profit dan stop loss di setiap transaksi. Kemudian anda tidak boleh lupa terkait aturan ratio, reward, dan risk saat melakukan stop loss. Jadi aturannya adalah resiko kerugian tidak boleh lebih besar dibandingkan dengan target profit. Jangan sampai salah dalam hal aturan tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Filter indikator oscillator

Adanya indikator oscillator ini bisa anda manfaatkan untuk mengetahui gambaran terkait pasar pada keadaan overbought (jenuh beli). Kondisi overbought ini menandakan harga suatu emiten saham sedang naik dan tinggi. Jadi anda bisa melihat indikator osilator sedang mengarah ke bawah atau ke atas.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai analisa teknikal saham. Semoga dengan adanya penjelasan yang memang agak rumit ini bisa anda pahami agar bisa lebih mudah untuk membaca analisa teknikal perdagangan saham.