Cara Menggunakan MA200 Bagi Trader dan Investor

Bila anda sudah lama malang melintang di dunia saham, pasti sudah akrab mendengar MA200. Yup, ini merupakan salah satu indikator teknikal saham yang banyak digunakan baik oleh trader maupun investor. Itulah mengapa anda juga sebaiknya paham dan mempertimbangkan untuk menggunakan indikator, apapun status anda, trader ataupun investor.

Apa itu MA200

MA200 atau Moving Average 200 adalah rata-rata pergerakan harga dalam 200 hari perdagangan. Seperti kita ketahui ada banyak length atau panjang hari yang digunakan para trader / investor misalnya MA5, MA10, MA20, MA50, MA100 dan MA200. Tidak ada satupun length MA yang bisa diklaim lebih akurat dan lebih valid dibanding MA lainnya.

Lalu mengapa memilih MA200? Karena MA200 inilah yang banyak sekali digunakan baik oleh trader hingga para investor. Seorang investor yang berorientasi jangka panjang secara otomatis akan menggunakan timeframe MA yang panjang juga seperti MA200. Semakin banyak pengguna suatu indikator maka kemungkinan validnya indikator tersebut akan semakin besar.

MA200 bagi Trader

Bagaimana cara menggunakan indikator MA200 ini bagi para trader yang berorientasi jangka pendek? Trader akan memilih saham-saham yang baru saja break MA200. Karena “biasanya” emiten saham yang berhasil menembus ke atas MA200 nya akan terus melanjutkan kenaikan harganya. Tapi ingat prinsip seorang trader untuk selalu memasang area stoploss karena tidak ada yang pasti di dunia saham.

Harga JRPT baru saja break MA200

MA200 bagi Investor

Lalu bagaimana cara menggunakan indikator MA200 ini bagi para investor yang berorientasi jangka panjang? Kebalikan dengan trader, seorang investor justru mencari saham-saham yang masih berada di bawah MA200 nya. Tentu hal ini dibarengi dengan mengecek nilai fundamentalnya seperti PER dan PBV nya. Setelah itu baru investor mulai mencicil beli atau bisa juga dengan cara lump sum (sekaligus).

Harga BMTR saat ini masih dibawah MA200

Harga BMTR saat ini masih dibawah MA200

Screening Saham MA200

Untuk mendapatkan saham-saham yang sedang berada di bawah MA200 atau dekat dengan MA200 ada 2 tools gratis yang bisa anda pakai.

Bot Telegram Sari Kelapa

Setelah anda bergabung di bot ini silahkan ketik /scan dekat200 maka akan tampillah hasil saham-saham syariah yang harganya dekat dengan MA200, baik itu dibawah MA200 maupun diatas MA200.

Hasil screening saham menggunakan bot telegram sari kelapa 

Aplikasi HQSahamIDX

Cara yang kedua anda dapat mendownload dan menginstal aplikasi HQSahamIDX pada Playstore. Lalu pilih Stock Screener, kemudian pilih Price vs MA, lalu pilih price below MA200 bila anda ingin mencari saham yang harganya dibawah MA200, atau price above MA200 bila anda ingin mencari saham yang harganya di atas MA200.

Hasil screener saham menggunakan aplikasi HQSahamIDX

Dengan memiliki sebuah indikator yang anda yakini sendiri seperti MA200 ini dan kemudahan dalam screening saham MA200 tentu akan sangat memudahkan anda dalam mengarungi perjalanan di dunia pasar modal. Daripada anda sibuk mencari informasi rekomendasi saham dengan bertanya di banyak grup saham baik itu di facebook maupun telegram, lebih baik sibuk bekerja untuk memperbesar modal anda.