Pelajaran Berharga Bagi Para Investor di Tahun 2020

Tahun 2020 ini menjadi tahun yang sangat menarik bagi sebagian besar investor. Kejatuhan market dari pertengahan Maret membuat IHSG sempat mencapai angka 3900 an. Penurunan market yang cukup dalam ini tentu hanya bisa terjadi apabila terjadi sesuatu hal yang sangat luar biasa dalam hal ini Covid-19.

Covid-19, pada bulan Maret berhasil membuat sebagian pelaku pasar ketakutan, hampir seluruh saham kapitalisasi besar mengalami penurunan yang cukup dalam. Bagi sebagian orang hal ini tentu menjadi kabar buruk. Hampir semua trader tidak akan mampu melakukan trading kala itu. Sebagian besar pelaku pasar juga harus pasrah ketika portofolionya jatuh begitu dalam. Hampir tidak ada rasa optimisme di pasar kala itu. Semua menganggap seakan akan inilah kehancuran pasar modal.

Namun, dibalik gelapnya perasaan sebagian investor karena dilanda gundah, sebagian kecil investor menggangap penurunan harga tersebut sebagai peluang. Penurunan saham, terutama saham-saham dengan history kinerja sangat baik tidak akan terjadi selamanya. Jelas pandemi ini melanda seluruh bisnis perusahaan, tidak peduli seefisien apa perusahaan tersebut menjalankan bisnisnya.

Tentu melihat sebuah peluang ditengah ketakutan bukanlah hal yang mudah. Sering kita menemukan sesorang yang menunggu datangnya koreksi saham yang sudah diincar sejak lama, namun ketika koreksi tersebut terjadi justru orang tersebut berbalik takut. Takut akan adanya penurunan yang lebih besar dari perkiraan sebelumnya, terlebih situasi lingkungan yang dilanda ketakutan yang cukup besar.

Pengalaman di tahun 2020 ini mestinya memberi pelajaran yang sangat berharga bagi kita sebagai pelaku pasar. Apabila kita lihat di November dan awal Desember ini, seakan-akan pelaku pasar sudah lupa apa yang terjadi pada bulan Maret lalu. Rasa optimisme begitu tinggi di pasar, membuat IHSG naik begitu pesat (9% lebih) dalam waktu satu bulan saja.

Semua orang tertarik membicarakan apa yang terjadi di market, mencari-cari saham (entah dengan metode apapun) karena lebih ke perasaan takut akan ketinggalan pesta meriah ini. Para investor pemula pun mulai bertambah pesat seiring dengan rally market dalam waktu singkat ini.

Namun yang perlu kita perhatikan adalah, sama seperti sebelumnya, tidak ada market yang akan naik selamanya. Kenaikan market yang begitu besar dalam waktu singkat justru telah meningkatkan risiko investor tersebut. Memang tidak ada satupun yang tahu, kapan rally market saat ini akan berakhir, entah bulan depan, satu tahun, dua tahun atau 5 tahun kedepan.

Satu hal yang pasti adalah semakin tinggi suatu saham, maka akan semakin besar risikonya. Untuk itulah seorang investor perlu merasa was-was. Was-was justru ketika melihat suatu saham telah rally begitu lama, bukan sebaliknya. Mungkin tulisan singkat ini bisa menjadi perenungan kita membahami quotes Warren Buffet, “Be Fearful When Others Are Greedy and Greedy When Others Are Fearful’

Sumber: @investor_milenial20