4 Tips Mudah Menabung Saham

Dalam sebuah ebook karangan Ellen May yang berjudul Sukses Nabung Saham, menyebutkan 10 tips menabung saham. Ada beberapa point yang ingin saya “highlight” dan jabarkan menurut versi saya diantara tips menabung saham tersebut :

1. Konsisten

Kita harus menentukan setiap jangka waktu kapan kita akan menabung saham. Apakah setiap hari? Apakah seminggu 1 kali? Apakah sebulan sekali? Kalau saya pribadi memilih untuk membeli saham setiap hari sesuai dengan anggaran harian yang sudah saya tetapkan, meskipun itu hanya membeli 1 atau 2 lot setiap harinya.

2. Beli di bawah, jual di atas

Secara teori sangat jelas bahwa untuk memperoleh keuntungan di saham, kita harus dapat menjual saham tersebut lebih mahal daripada harga beli kita. Cuma yang jadi masalah adalah bagaimana kita tahu bahwa harga suatu saham sudah berada di titik bawah? Tentunya kita harus mempunyai metode dan indikator teknis yang dapat menunjukkan bahwa harga saham tersebut sedang berada pada level bawah.

Bagi saya pribadi, indikator teknikal yang paling banyak digunakan yaitu moving average 200 (ma200) dapat menunjukkan level atas dan level bawah harga suatu saham. Bila harga berada di atas ma200 maka dapat diasumsikan bahwa harga saham itu sedang berada di level atas. Begitupun sebaliknya bila harga berada di bawah ma200 maka dapat diasumsikan bahwa harga saham itu sedang berada di level bawah. Simpel bukan?

Maka “Price Below MA200” ini saya gunakan untuk menscreening saham-saham yang akan saya beli. Saya hanya akan membeli secara konsisten saham-saham yang sedang berada di bawah ma200. Ketika saham-saham tersebut sudah menembus di atas ma200 maka saya stop membelinya. Lalu saya alihkan untuk membeli saham-saham lain yang masih berada di bawah ma200.

Sudah bukan rahasia lagi kalau harga suatu saham ketika berada di bawah ma200 bisa dikatakan downtrend, maka cara yang tepat untuk memanfaatkan momentum ini adalah dengan membelinya secara mencicil dan sabar.

3. Ikuti pergerakan trend

Bila trend harga suatu saham sedang turun, maka ikutilah dengan cara membelinya sedikit demi sedikit serta penuh kesabaran. Demikian halnya bila trend suatu saham sedang naik, maka ikutilah trend itu dengan cara menjualnya juga dengan cara sedikit demi sedikit.

4. Siapkan psikologis dan mental

Dengan metode cicil, sesungguhnya merupakan suatu metode yang ampuh untuk membantu psikologis dan mental kita sebagai seorang investor dalam menghadapi kondisi dimana harga saham yang cenderung mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan kita sudah mempunyai alokasi dana yang kita siapkan untuk konsisten membeli suatu saham sebagai bentuk averaging down saham tersebut. Lain halnya jika kita membelikan saham tersebut dengan metode lump sum atau all in, maka ketika harga saham turun, psikologis seorang investor sedikit banyak akan terganggu.

Mencicil juga merupakan suatu bentuk implementasi money management yang sangat penting dalam mengarungi lika-liku perjalanan di dunia pasar modal Indonesia. Selamat berinvestasi!